Laman

Pengusaha Balikpapan Beli Kapal Roro dari Jepang

Pengusaha Balikpapan Beli Kapal Roro dari Jepang
Indonesia merupakan negara kepulauan yang memerlukan transportasi untuk menghubungkan satu pulau ke pulau lainnya. Kendati begitu, masih jarang pengusaha lokal yang mau berinvestasi di sektor tersebut.
 
Melihat peluang itu, Sagita Grup telah menerjunkan diri berbisnis di bidang transportasi laut tersebut. Kemarin, grup bisnis pimpinan Ruslan Aliansyah tersebut meluncurkan kapal jenis roro bernama Sekawan Maju Sejahtera (SMS) Mulawarman di dermaga Pelabuhan Semayang.
 
Selain mampu mengangkut 100 kendaraan baik truk dan mobil, kapal ini juga bisa memuat sekitar 400 penumpang. Kapal asal Jepang yang dibuat tahun 1989 tersebut rencananya dioperasikan di luar Kaltim yakni di perairan Jawa dari Pelabuhan Merak ke Bakahuni yang jaraknya sekitar 12 mil.
 
Komisaris PT SMS Mulawarman Haritini mengatakan, SMS Mulawarman merupakan kapal keempat yang  dibeli pihaknya. Pertama hingga ketiga berjenis roro yang diberi nama SMS Kartanegara. Sedangkan yang  keempat ini, berjenis Roro Passenger. Nilai investasi untuk SMS Mulawarman yang memiliki berat 1.529 ton ini diperkirakan sebesar Rp 80 miliar “Tahun depan rencananya kami mendatangkan dua kapal lagi dengan jenis yang sama. Salah satunya untuk memenuhi kebutuhan transportasi laut di Kaltim,” terangnya usai peresmian SMS Mulawarman, Selasa (30/4).    
 
Kepala Cabang PT SMS Mulawarman Hartadi menyebutkan, untuk mendatangkan SMS Mulawarman hingga sampai Indonesia diperlukan waktu perjalanan 11 hari dari Jepang tepatnya di kota kepulauan Hakodate. Dalam pelayaran itu, ikut serta 17 awak termasuk dua teknisi pendamping asal Jepang.
 
Menurut Hartadi, SMS Mulawarman merupakan kapal muatan berukuran tanggung yang berukuran 83,4 meter dan lebar 14,5 meter. “Kapal sejenis ini memang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan pendukung bisnis. Contohnya sebagai transportasi antar-pulau,” terangnya

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...