Laman

7 Jenis Busana Kimono Jepang dan Berikut Kegunaannya

[lihat.co.id] - Kimono (着物) adalah pakaian tradisional Jepang. Arti harfiah kimono adalah baju atau sesuatu yang dikenakan (ki berarti pakai, dan monoberarti barang). Pada zaman sekarang, kimono berbentuk seperti huruf “T”, mirip mantel berlengan panjang dan berkerah. Panjang kimono dibuat hingga ke pergelangan kaki. 
Wanita mengenakan kimono berbentuk baju terusan, sementara pria mengenakan kimono berbentuk setelan. Kerah bagian kanan harus berada di bawah kerah bagian kiri. Sabuk kain yang disebut obi dililitkan di bagian perut/pinggang, dan diikat di bagian punggung. Alas kaki sewaktu mengenakan kimono adalah zōri atau geta.

Yukata (浴 衣, baju sesudah mandi) adalah jenis kimono yang dibuat dari bahan kain katun tipis tanpa pelapis. Dibuat dari kain yang mudah dilewati angin, yukata dipakai agar badan menjadi sejuk di sore hari atau sesudah mandi malam berendam dengan air panas. Menurut urutan tingkat formalitas, 
yukata adalah kimono nonformal yang dipakai pria dan wanita pada kesempatan santai di musim panas, misalnya sewaktu melihat pesta kembang api, matsuri (ennichi), atau menari pada perayaan obon. Yukata dapat dipakai siapa saja tanpa mengenal status, wanita sudah menikah atau belum menikah.
1. Yukata
[lihat.co.id] - Yukata adalah kimono yang dipakai saat musim panas. Bahannya terbuat dari kain katun yang tipis tanpa pelapis.

2. Furisode
[lihat.co.id] - Furisode adalah kimono paling formal untuk wanita muda yang belum menikah. Bahannya berwarna cerah dengan motif yang mencolok diseluruh bagian kain. Ciri furisode adalah bagian lengan yang sangat lebar dan menjuntai ke bawah. Pakaian ini digunakan saat menghadiri upacara seijin shiki, resepsi pernikahan teman, upacara wisuda atau hatsumode.

3. Homongi
[lihat.co.id] - Homongi secara harafiah: baju untuk berkunjung) adalah kimono formal untuk wanita yang sudah menikah atau wanita dewasa yang belum menikah. Homongi dikenakan wanita yang sudah menikah untuk menghadiri resepsi pernikahan, pesta-pesta resmi, Tahun baru, atau upacara minum teh.
4. Tomesode
[lihat.co.id] - Tomesodesalah satu kimono resmi yang di pakai oleh wanita yang sudah menikah

5. Kuromontsuki
[lihat.co.id] - Kuromontsuki, kimono untuk kaum pria dibanding kimono wanita, kimono pria jauh lebih membosankan. Maksimal lapisannya aja cuma 5 (gak termasuk tabi). Yang menjadi perbedaan utama kimono pria adalah warnanya yang biasanya kusam (biru tua, hitam, coklat tua), polos (tanpa pattern / motif), dan berwarna matte (gak mengkilat).

6. Mofuku
[lihat.co.id] - Mofuku kimono disaat berduka digunakan khusus saat mengahadiri upacara pemakamam di jepang

7. uchikake
[lihat.co.id] - uchikake kimono yang di gunakan saat hari upacara pernikahan wanita di jepang

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...