Laman

KANDUNGAN DAN MANFAAT MANGGIS






KANDUNGAN DAN MANFAAT MANGGIS

Manfaat Manggis

KANDUNGAN DAN MANFAAT MANGGIS BAGI KESEHATAN

MANFAAT MANGGIS – Queen of fruits – ratu dari segala buah – itulah julukan buah manggis. Buah ini sangat berkhasiat bagi kesehatan dan kecantikan apalagi didukung dengan rasanya yang manis, lezat serta lembut, membuat buah manggis banyak disukai orang. Semua bagian dari buah manggis kaya akan manfaat, mulai dari daging buah,  biji bahkan kulit buah sekalipun kecuali bagi wanita hamil. Konsumsi buah manggis  setiap hari sangat dianjurkan untuk menjaga kesegaran tubuh kita.




Bagian utama buah manggis yang paling bermanfaat ternyata terdapat pada kulit buahnya. Dalam kulit buah ini mengandung antioksidan yang mampu mencegah timbulnya penyakit. Kulit buah manggis mengandung xanthone yang berkhasiat untuk menyembuhkan penyakit kanker payudara, kanker paru-paru, kanker perut, leukimia, dan lain-lain. Kadar antioksidan ini mencapai 123,97 mg/ml. Xanthone dapat menangkap radikal bebas dan mencegah kerusakan sel sehingga proses degenerasi sel terhambat. Radikal bebas masuk melalui makanan yang kita konsumsi dan merupakan penyebab utama penyakit kanker, stroke, jantung, dan lain-lain. Dengan kata lain xanthone selain berkhasiat sebagai antioksidan juga berkhasiat sebagai antikanker.

Ekstrak kulit buah manggis selain bersifat antiproliferasi untuk menghambat pertumbhan sel kanker juga bersifat apoptosis penghancur sel kaker. Xanthone dalam kulit buah manggis juga berkhasiat menyembuhkan penyakit asma, TBC, antidiare, dan antiinflamasi.

Menurut dr. Berna Elya, peneliti Departemen Farmasi Unibersitas Indonesia, antikanker dan antioksidan, mujarab mengatasi jantung koroner serta mengatasi HIV, semua itu hanya sebagian kecil dari khasiat kulit buah manggis yang sering kali tidak dimanfaatkan oleh kebanyakan orang.



Buah manggis sangat baik untuk para wanita kecuali wanita yang sedang hamil tidak dianjurkan untuk mengkonsumsinya. Konsumsi manggis secara rutin dapat membuat awet muda. Hal ini disebabkan karena adanya kandungan antioksidan yang berfungsi menjaga serta memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak karena manggis mampu menghancurkan semua penyakit yang menyerang tubuh kita dan memperbaiki sistem antibody. Seseorang yang masih muda ketika sedang menderita penyakit degeneratif akan terlihat sangat tua seperti berusia 60 tahunan. Tetapi ketika mengkonsumsi buah manggis secara rutin sampai sembuh wajahnya akan terlihat seperti berumur 30 tahunan. Manfaat lain dari buah manggis adalah sebagai antijamur dan antibakteri penyebab jerawat.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...