Laman

5 Makanan yang Menyebabkan Asam Urat

[lihat.co.id] - Asam urat adalah bahan kimia yang dibuat oleh tubuh selama pemecahan purin. Kandungan purin paling sering ditemukan dalam makanan dan dapat menyebabkan tubuh kelebihan asam urat. Asam urat dilarutkan dalam darah dan dikeluarkan melalui urin. Namun, sebagai akibat dari kondisi tertentu, asam urat dapat tertimbun dalam tubuh dan menyebabkan kerusakan.

Asam urat juga dapat memicu munculnya penyakit serius yang terkait dengan gout (penyakit yang disebabkan oleh gangguan metabolisme asam urat) dan diabetes. Kadar asam urat yang tinggi juga dapat disebabkan oleh kondisi tertentu seperti kanker dan gangguan yang mempengaruhi sumsum tulang, dan diet yang terlalu banyak purin. Berikut adalah makanan yang dapat memicu kenaikan kadar asam urat dalam darah, seperti dilansir Livestrong dan Merdeka:
1. Hati
[lihat.co.id] - Hati hewan, seperti sapi atau ayam, kerap dikonsumsi karena berbagai alasan gizi. Hati kaya akan vitamin B12, protein dan zat besi, tetapi juga tinggi purin, yang nantinya diubah menjadi asam urat. Menurut Boston University Medical, pasien yang menderita gout atau rentan terhadap gout disarankan untuk tidak makan hati. Jika kristal asam urat terkumpul dalam sendi, kondisi itu bisa sangat menyakitkan.

2. Ragi bir
[lihat.co.id] - Ragi adalah jenis jamur yang disebut Saccharomyces cerevisiae. Ragi ini paling sering digunakan dalam pembuatan alkohol - khususnya pada bir. Menurut Purple Sage, mengonsumsi bir, yang berisi ragi, dapat memicu peradangan asam urat dan harus dihindari oleh mereka yang menderita gout. Namun, ragi yang dimaksud di sini tidak ada hubungannya dengan ragi roti karena mereka memiliki sifat berbeda.

3. Makarel
[lihat.co.id] - Makarel adalah sekelompok ikan yang memiliki banyak nutrisi. Ada sekitar 48 spesies yang berbeda dari makarel. Minyak yang berasal dari makarel kerap digunakan dalam kapsul minyak ikan omega-3 untuk membantu menjaga kesehatan jantung. Namun hati-hati, suplemen ini dapat memicu rasa sakit pada sendi bila terlalu sering dikonsumsi oleh orang-orang yang rentan terhadap penumpukan asam urat, menurut Medline Plus.

4. Daging
[lihat.co.id] - Makanan kaya purin, termasuk hewan daging merah seperti daging sapi, dan organ-organ dalam hewan seperti hati, otak, jantung dan ginjal. Orang yang menderita hyperuricema harus menghindari makanan tersebut.

5. Ikan bercangkang
[lihat.co.id] - Ikan bercangkang sangat tinggi purin. Contohnya saja, kerang, tiram, kepiting, kerang, lobster, dan udang.

Inilah lima makanan yang harus dihindari oleh mereka yang rentan terhadap penyakit asam urat.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...