Laman

10 Lokasi tidak Layak di Tempati termasuk Pulau Jawa

[lihat.co.id] - Ada sebuah istilah unik, 'Kamu tak bisa memilih tempat di mana kamu dilahirkan, tapi kamu bisa memilih tempat di mana kamu mati,' Dan sepertinya itu memang benar adanya.

Ketika lahir, kamu tak akan pernah tahu berada di mana. Sehingga kamu hanya akan menerima nasib hidup dan tumbuh besar di tempat itu, meski mungkin dianggap sebagai tempat yang tak layak dihuni lantaran kondisi lingkungan yang sewaktu-waktu bisa berubah menyeramkan.

Ya, tak ada yang tahu seperti apa yang terjadi di dunia ini. Termasuk orang-orang yang tinggal di 10 lokasi di dunia yang rupanya dianggap tak layak untuk dihuni dikutip dari kapanlagi. Uniknya, pulau Jawa termasuk salah satu di antaranya! Kok bisa? Simak berikut ini ya.

1. Verkhoyansk - Rusia
[lihat.co.id] - Verkhoyansk dianggap sebagai kota terdingin di dunia dengan hanya berisi 1.500 penduduk. Saat musim dingin, kota ini memiliki suhu -4–10°C dan sudah pasti mendapat julukan kota terdingin. Dulu kota ini pernah menjadi kota pengasingan. 

Satu-satunya sumber air, sungai Yana bahkan membeku hampir sepanjang tahun dan hanya meraih sinar matahari selama 5 jam/hari antara bulan September-Maret saja. Bukan tempat rekomendasi untuk hidup.

2. Pompeii - Italia
[lihat.co.id] - Pompeii adalah salah satu situs arkeologi paling terkenal di dunia. Pasca gunung merapi Vesuvius meletus pada tahun 79 SM, kota Pompeii dan Herculaneum benar-benar dilapisi lava pijar super panas dan menewaskan seluruh penduduk. 

Lantaran itu, tanah di Pompeii sudah pasti subur. Pada tahun 1906, letusan Vesuvius menelan 100 korban jiwa dan pada tahun 1944 menelan tiga kota kecil. Sehingga Pompeii masih harus hidup di tengah ancaman letusan Vesuvius yang mengerikan.

3. Antartika
[lihat.co.id] - Antartika tak diragukan lagi sebagai salah satu tempat paling 'jahat' untuk bertahan hidup. 98% dari benua Antartika dalah lempengan es dan tidak menerima sinar matahari selama 6 bulan/tahun. Minimnya sumber kehidupan (kecuali air dan ikan), membuat tidak adanya penduduk asli Antartika. Kecuali hanya bagi mereka para wisatawan yang penasaran dengan udara super dinginnya.

4. La Rinconada - Peru
[lihat.co.id] - La Rinconada dikenal sebagai kota dengan letak tertinggi di dunia dan teletak di kawasan pegunungan memukau Andes di Amerika Selatan. Kota pertambangan kumuh ini dibangun di atas gletser dengan ketinggian 5.100 mdpl. Ingin menuju La Rinconada? Kamu harus melewati jalanan yang sempit, cuaca super dingin di ketinggian tersebut. 

5. Motuo - China
[lihat.co.id] - Motuo adalah sebuah hutan dengan luas 30.550 kilometer persegi dan terletak di kawasan selatan pegunungan Himalaya. Daerah ini menjadi satu-satunya di China yang tidak memiliki jalan raya untuk bisa diakses wisatawan. Sehingga untuk menuju Matuo, kamu harus menempuh 4 hari perjalanan membelah hutan. Berminat tinggal di sini?

6. Múli - Pulau Faroe
[lihat.co.id] - Múli adalah sebuah kota kecil yang terletak di pulau Faroe (terletak di antara Islandia dan Norwegia) dan hanya memiliki total penduduk sejumlah 4 orang. Kepulauan Faroe dikenal lantaran cuaca yang tidak menentu seperti hujan deras, kabut, salju, dan angin topan yang muncul sepanjang tahun. 

Lingkungan Múli juga suram dengan sedikit vegetasi saja. Bahkan pasokan makanan harus melalui jalur udara. Seakan kurang, saat musim panas, Múli mengalami 24 jam siang hari dan musim dingin akan menjadi gelap. Masih mau tinggal di sini?

7. Maladewa
[lihat.co.id] - Maladewa adalah kumpulan kepulauan tropis yang terlepak di selatan India dan menjadi salah satu tujuan wisata yang sangat populer. Dengan populasi penduduk 328.500 orang dan meraih 500 ribu turis/tahun, Maladewa memang emmiliki pantai-pantai cantik dengan resort mewah.

Namun pada tahun 2005, ditemukan bahwa terumbu karang di sekitar Maladewa semakin terkikis lantaran penambangan sehingga membuat Maladewa berpotensi sewaktu-waktu hilang lantaran sapuan tsunami.

8. Pulau Jawa - Indonesia
[lihat.co.id] - Apa? Pulau Jawa termasuk? Ya, pulau Jawa adalah pulau dengan penduduk terpadat di Indonesia dengan total 120 juta jiwa yang tinggal dan memiliki 22 gunung berapi aktif. Gunung berapi yang dianggap 'menakutkan' di pulau Jawa adalah gunung Merapi dan Semeru. 

Lantaran hal itulah, banyak orang menganggap bahwa gunung-gunung berapi itu merupakan bom waktu alami yang bisa saja menghancurkan Jawa sewaktu-waktu. Hmm, menurutmu bagaimana?

9. Minqin County - China
[lihat.co.id] - Minqin County adalah salah satu kota terburuk untuk ditinggali. Mengapa demikian? Karena satu-satunya sungai yakni sungai Shiyang di sini sudah mengering lantaran irigasi di daerah hulu. Belum lagi kawasan ini terletak di antara gurun Tengger dan Badain Jaran. Kurangnya air dan tandus, membuat Minqin County ditinggal penduduknya.

10. Cook - Australia
[lihat.co.id] - Cook dibangun pada tahun 1917 dan merupakan stasiun kereta api untuk pengisian bahan bakar dengan panjang jalur terpanjang di dunia. Sebagai tempat tinggal, Cook memiliki hawa yang panas dan kering meski sudah berusaha untuk ditanami pepohonan tapi gagal. Dilaporkan hanya tinggal 4 orang yang mendiami kawasan ini lantaran kurangnya bahan makanan dan minuman untuk bertahan hidup.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...