Laman

10 Fakta Menarik tentang Benua Antartika

[lihat.co.id] - Apa itu Antartika? Antartika merupakan benua es di bagian selatan bumi.Di bawah ini merupakan 10 fakta unik dari Antartika, dikutip dari Berbagai Sumber:

1. Seberapa dinginkah?
[lihat.co.id] - Antartika adalah tempat terdingin di Bumi, serta berangin. Suhu terendah yang pernah tercatat adalah dari -89 ⁰ C pada tahun 1983, sementara di hari terpanas musim panas, itu tidak mencapai lebih dari 15 ⁰ C dekat pantai.

2. Tempat terkering di Bumi
[lihat.co.id] - Salah satu fakta yang paling menarik tentang Antartika adalah kontradiksi antara iklim kering dan jumlah air (70% air di bumi). Benua ini adalah tempat terkering di planet ini. Bahkan gurun terpanas di dunia melihat hujan lebih dari Lembah Kering (foto), sebuah daerah di Antartika. Tidak ada hujan di sana selama 2 juta tahun! Sebenarnya, seluruh Kutub Selatan menerima rata-rata 10 cm presipitasi per tahun.

3. Penduduk
[lihat.co.id] - Tidak ada penduduk manusia di Antartika. Satu-satunya orang yang tinggal di sana untuk waktu yang cukup lama merupakan bagian dari perkumpulam Ilmuwan. Sejumlah 5.000 ilmuwan dan personel tambahan dapat ditemukan di Antartika pada musim panas, sementara selama musim dingin, 1000 lainnya tetap tinggal di tanah ini untuk bekerja.

4. Penguins
[lihat.co.id] - Di sini adalah satu-satunya tempat di bumi di mana penguin kaisar (foto) dapat ditemukan. Ini adalah yang tertinggi dan terberat dari semua spesies penguin. Beberapa fakta menarik, Penguin Kaisar satu-satunya spesies berkembang biak selama musim dingin Antartika, sedangkan penguin Adelie berkembang biak lebih jauh ke selatan daripada spesies lainnya. Ada total 6 varietas penguin di Antartika (dari jumlah total 17 spesies).

5. Siapa yang memiliki Antartika?
[lihat.co.id] - Antartika tidak memiliki pemerintahan dan tidak ada negara yang memiliki benua ini. Sementara banyak negara mencoba untuk mendapatkan kepemilikan tanah ini dari waktu ke waktu, kesepakatan bersama telah tercapai, yang memberikan Antartika hak istimewa yang tersisa satu-satunya wilayah di bumi yang tidak diperintah oleh negara manapun.

6. Meteorit
[lihat.co.id] - Salah satu fakta yang paling menarik tentang benua ini adalah bahwa itu adalah tempat terbaik di dunia untuk menemukan meteorit. Rupanya, meteorit mencolok lapisan es Antartika yang diawetkan baik daripada di tempat lain di Bumi. 

Fragmen meteorit dari Mars adalah salah satu penemuan yang paling berharga dan tak terduga. Rupanya, kecepatan lari dari planet yang akan menjadi sekitar 18.000 kilometer per jam untuk meteorit ini untuk bisa mencapai Bumi. Selain itu, mereka terbawa kontroversi tentang kemungkinan indikasi yang berkaitan dengan kehidupan mikroba di Mars.

7. No time zone
[lihat.co.id] - Ini adalah satu-satunya benua tanpa zona waktu. Komunitas ilmuwan di Antartika cenderung untuk menjaga baik waktu yang berkaitan dengan tanah rumah mereka atau jalur suplai yang membawa makanan dan barang-barang penting mereka lainnya. Dapat berjalan di zona waktu yang 24 dalam beberapa detik.

8. Hewan-hewan
[lihat.co.id] - Sementara berbagai hewan laut, seperti paus biru, paus pembunuh, dan anjing laut berbulu menemukan benua ini paling ramah, Antartika sangat kurang pada hewan darat. Salah satu bentuk terbesar dalam hidup di sini adalah serangga. 

Tidak ada serangga terbang, karena kondisi sangat berangin. Namun, springtails hitam yang melompat seperti kutu dapat ditemukan di antara koloni penguin. Hal ini tidak mengherankan karena serangga ini hadir di manapun di Bumi. Sepotong informasi menarik, Antartika adalah satu-satunya benua tidak memiliki spesies asli semut.

9. Global warming
[lihat.co.id] - Jika seluruh es di Antartika akan mencair, permukaan laut akan naik sekitar 60 meter di mana-mana! Kita harus lebih memperhatikan pemanasan global yang mempengaruhi terutama benua ini!

10. The Gigantic Iceberg
[lihat.co.id] - Hal terakhir pada daftar fakta menarik adalah gunung es yang pecah dari Ross Ice Shelf di Antartika, pada tahun 2000. Ini adalah gunung es terbesar dalam sejarah dikenal, mengukur 295 Km panjang dan 37 km lebar, sama seperti ukuran Connecticut atau Qatar, misalnya.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...