Laman

5 Rahasia Besar Pemain Bola Legendaris Pele

Generasi muda pecinta bola selalu mendapat cerita tentang kehebatan Pele di masa jayanya. Pele juga tak pernah sungkan untuk mengakui bahwa dirinya adalah pemain terhebat yang pernah ada dalam sejarah sepakbola dunia. Terbaik atau bukan, Pele memang telah memenangkan banyak gelar bersama Brasil, dan pencapaian golnya yang di atas 1000 sepanjang karirnya bukanlah pencapaian main-main.

Pele selalu menganggap bahwa pemain terbaik dunia hanya berasal dari Brasil. Tak heran jika kemudian dia harus sering bersinggungan dengan legenda Argentina, Diego Maradona. Pele juga tak malu menganggap pemain-pemain terbaik saat ini tak lebih hebat dari dirinya.

Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo telah beberapa kali menjadi korban omongan legenda Santos ini.

Bukannya mau menghilangkan respek atau mengecilkan kehebatan seorang Pele, namun ternyata legenda sehebat Pele juga menyimpan rahasia.

Rahasia yang bisa saja melunturkan semua yang dibanggakannya saat ini. Berikut:5 rahasia Besar Pemain Bola Legendaris Pele

1. Jumlah Gol Pele
Pele memang mencetak 1283 gol sepanjang karirnya, tetapi 526 di antaranya dia buat dalam laga persahabatan tak resmi. Pele bahkan mencatat gol yang dia cetak bersama Sixth Coast Guard dalam kompetisi antar anggota militer.

Pele mengikutkan gol yang dicetaknya ke gawang Botafogo dan Juventus, di mana dia mencetak delapan dan lima gol.

Namun yang patut diketahui adalah bahwa Botafogo dan Juventus yang dimaksud bukan tim-tim yang kita kenal saat ini, tetapi merupakan tim sangat kecil yang kebetulan memiliki nama sama dengan tim besar.

2. Rekor Piala Dunia 
Pele selalu membanggakan tiga gelar Piala Dunia yang dia raih bersama Brasil.
Berikut ini adalah daftar pemain-pemain yang mencatatkan rekor di ajang empat tahunan itu:

Pencetak gol terbanyak di Piala Dunia: Ronaldo (15 gol)
Pencetak gol terbanyak di laga final: Geoff Hurst (3 gol)

Pencetak gol terbanyak dalam satu turnamen: Just Fontaine (13 gol)
Pencetak gol terbanyak dalam satu pertandingan Piala Dunia: Oleg Salenko (5 gol)

Pemain dengan jumlah pertandingan tebanyak di Piala Dunia: Lothar Matthaus (25 pertandingan)
Pemain yang paling banyak menang di pertandingan Piala Dunia: Cafu (16 kemenangan)

Pemain yang mengikuti gelaran Piala Dunia terbanyak: Antonio Carbajal dan Lothar Matthaus (5 gelaran)
Dimana Pele?

3. Pele Tak Pernah Jadi Bintang Utama Piala Du
Pele mengikuti empat Piala Dunia dan memenangkan tiga di antaranya.
Tetapi Pele yang selalu membanggakan diri sebagai pencetak gol terbanyak pantas malu jika menengok pencapaiannya di Piala Dunia yang diikutinya.

Pele tak pernah sekalipun menjadi bintang atau menjadi top skorer di Piala Dunia. Jangankan sepatu emas, sepatu perak saja tak pernah didapat Pele.

Tahun 1958, Pele memang mencetak enam gol, tapi Fontaine mencetak 13 gol.
Tahun 1962, Pele cuma mencetak satu gol, sedangkan ada empat pemain yang mencetak empat gol.
Tahun 1966, Pele kembali mencetak satu gol, Eusebio menjadi bintang bagi Portugal dengan mencetak sembilan gol.

4. Pele Bukan Bintang Utama Brasil
Pele memang merupakan anggota timnas Brasil yang menjadi juara dunia tiga kali, tetapi dia jarang bermain. Di tahun 1962, misalnya, rekan Pele yang bernama Garrincha berjuang nyaris sendirian untuk membuat Brasil juara. Penampilan Pele juga selalu kalah bagus dari rekan-rekannya yang lain di setiap Piala Dunia yang ia ikuti.

5. Pele Tak Akui Kehebatan Rekan-rekannya
Pele tak pernah mengakui kehebatan rekan-rekannya. Mungkin tak banyak yang pernah mendengar Pele memberikan pujian kepada rekan-rekannya. Pele bahkan telah membuat daftar pemain sepakbola terhebat, tapi beberapa rekan terbaiknya tidak dimasukkannya ke daftar itu.

Pele bermain dengan dua bek kanan terbaik di masanya; Carlos Alberto dan Djalma Santos. Di bek kiri, Pele bermain dengan salah satu bek kiri terbaik sepanjang masa, Nilton Santos.

Masih ada Garrincha, Vava, dan Didi yang memiliki catatan luar biasa di Piala Dunia. Ada juga beberapa pemain legendaris seperti Gerson, Jairzinho, Gilmar, Tostao, Zito, Bellini dan Zagallo.
Sumber

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...