Laman

Mitos Hantu Nenek Gayung di Jakarta

Di tengah perkembangan teknologi, ternyata masyarakat Indonesia masih lekat dengan hal-hal yang berkaitan dengan mistis. Walaupun telah banyak gadget dan teknologi lainnya, namun ketakutan akan mahluk gaib sepertinya tidak dapat dilepaskan begitu saja. Inilah hal nyata yang terjadi berdasarkan pengalaman saya selama ini.

Kali ini ada lagi sebuah mitos mistis tentang nenek gayung. Awalnya saya sama sekali tidak tahu tentang hal ini, namun ketika saya sedang dalam kendaraan umum, secara tak sengaja saya mendengar percakapan ibu-ibu tentang mahluk gaib yang dinamakan nenek gayung ini. Yang saya dengar nenek gayung masuk ke lift di kantor mereka dan yang melihat nenek tersebut pada pingsan.
Yang menjadi semakin mistis tatkala satpam dan kamera pengawas di luar kantor mereka tak melihat kedatangan nenek gayung itu, tau-tau saja nenek gayung tersebut sudah ada di lift. Kabar ini langsung menjadi ketakutan di antara karyawan kantor tersebut.

Namun saya tidak menanggapi diskusi kedua orang tersebut, tapi ketika saya sampai dirumah. Secara tak sengaja lagi saya mendengar para tetangga saya berbicara mengenai nenek gayung tersebut. Saya heran sekali mengapa nenek tersebut kok bisa langsung tersebar kabarnya. Padahal saya aja baru tau.

Ternyata kehadiran nenek gayung ini memang hal baru. Berita tentang nenek gayung berawal dari bulan Desember 2011, dimana katanya ada nenek-nenek yang berpakaian serba hitam, selalu membawa gayung dan segulung tikar. Tidak ada kepastian mengenai asal-usul nenek gayung ini, namun kebanyakan kabar adalah bahwa nenek tersebut adalah salah satu korban yang dipakai untuk tumbal dalam pembuatan Busway di wilayah Jakarta.
Langsung saja kabar burung mengenai hantu nenek gayung tersebut merambah ke berbagai orang dan semakin meluas. Bahkan menjadi salah satu topic yang banyak dibicarakan di Facebook dan Twitter bagi yang tinggal di Jakarta. Lebih hebatnya lagi, ada orang yang membuatkan account nenek gayung ini di Twitter dengan alamat @NenekGayuung.
Berdasarkan isu dan kabar yang beredar, nenek gayung ini berkeliaran di sekitar wilayah Jakarta, lebih tepatnya di Jakarta Timur. Ada beragam anggapan mengenai nenek gayung ini, yang paling sering adalah kabar bahwa nenek gayung ini akan mengajak ngobrol dengan orang (calon korban).

Seandainya orang tersebut menanggapi obrolan nenek tersebut, maka nanti malamnya, nenek gayung ini akan datang ke rumah korban kemudian menggelar tikar dan memandikan korban dengan gayungnya. Biasanya korban yang telah dimandikan tersebut besoknya akan meninggal
Selain itu, ada cerita lainnya berdasarkan kesaksian beberapa orang yang pernah melihat atau mendengar kabar tentang nenek gayung. Yang pertama adalah cerita pengalaman seorang wanita bernama Sania, kemudian cerita gossip nggak jelas asalnya, dan yang ketiga adalah cerita seseorang dengan temannya di jejaring sosial mengenai nenek gayung. 
Berikut ceritanya : 
Cerita Sania:
Waktu itu ada 2 pria berkendaraan sepeda motor, mereka melihat nenek-nenekberpakaian hitam dan membawa gayung serta tikar. Lalu si 2 orang itu mendatangi nenek itu dan nanya "Nenek mau kemana?". Nenek pun menjawab "Nenek mau mati, nenek minta dimandiin nak" kata nenek itu.Setelah lama ngobrol, 2 orang itu pun mengantar si nenek naik motor. Setelah beberapa lama tiba2 motor itu jatuh! Warga pun mengerubungi motor itu, dan ternyata 1 orang meninggal dan 1 orang lagi selamat, cuma sosok sang nenek itu tak terlihat batang hidungnya.
Cerita Gosip nggak jelas asalnya : 
Di Jakarta tengah di bangun Busway, dan si nenek itu ceritanya sedang mencari tumbal buat pembangunan itu, karena dipercaya nenek tersebut adalah sosok misterius yang memiliki ilmu hitam. Nenek itu beredar di sekitar Jakarta Timur. Jika kita ngobrol dengan nenek itu, pada malam hari nya si nenek akan datang mengunjungi anda, kemudian akan dimandiin sama si nenek dan besoknya meninggal.

Cerita dari Percakapan di Jejaring Sosial :
Mungkin dari percakapan gw sama temen gw paling pesek, Risma kalian udah bisa nebak apa maksud dari nenek-nenek gayung ini. Yap. Jadi ada suatu kehebohan yang terjadi di sekitar Bekasi Barat ampe Jakarta Timur yang udah jadi trending topic banget di Facebook, Twitter, bahkan inbox gw penuh sama SMS berisi peringatan akan kehadiran nenek-nenek gayung.

Jadi, konon katanya. Warga-warga Penggilingan (JakTim) itu udah pada resah karena kehadiran sesosok hantu, jin, setan, dan sebangsanya yang udah mengancam keselamatan mereka. Konon katanya (lagi) itu nenek-nenek gayung, nggak cuman bawa gayung. Tapi juga bawa payung dan tiker. Dan kalau ada manusia yang nyapa, nanya-nanya mau kemana, atau Cuma sekedar melihat nenek-nenek gayung itu, dua atau tiga hari kemudian manusia yang nyapa, nanya-nanya, dan sekedar ngeliat tu nenek-nenek gayung bakalan mati tragis.

Asalnya nenek-nenek gayung ini masih banyak yang nanya-nanya. Jadi belum ada yang tau pasti. Atau kalo kalian ada yang tau, cerita dong dikomennya.
Oh iya. Jadi ntu nenek-nenek nggak Cuma menetap di suatu tempat. Tapi dia ngayap gitu kemana-mana. Yang terakhir gw denger sih lagi ada di daerah Cakung gituh. (alamakk... dekat sekolah itu.. -_-)
NYARI TUMBAL?

Ummm... nggak tau juga sih. Kebenaran akan isu ini juga belum sangat pasti. Banyak yang bilang cerita ini hanya sekedar nyari sensasi. Isu ini Cuma hoax yang bakalan ngalahin sensasi jambul khatulistiwa terowongan casablanca dan gorong-gorong sudirmannya Syahrini. Ada juga yang bilang kalo itu nenek-nenek gayung beneran ada. Dengan bukti banyak yang tewas setelah melihat atau menyapa nenek-nenek gayung itu.

Sumpah ye. Pertama kali gue denger nih cerita gue sama sekali nggak naggepin dengan serius banget. Eh ternyata, di Facebook tuh udah sangat nge-trend banget dengan semua status beraromakan “NENEK-NENEK GAYUNG”. Di twitter apa lagi. Sampe tu nenek-nenek juga punya account yang diberi nama user @NenekGayuung. Followersnya lumayan. Tunggu aja sampe bisa ngalahin followersnya @pocongkkkkkkkkkkkkkkkkgg (ga mungkin la yaaa).
Ternyata walaupun sedang marak teknologi dan hal logis lainnya, tetap saja hal mistis di kalangan masyarakat Indonesia tidak dapat dihindarkan. Seperti menjadi suatu hal yang lekat sekali. Percaya atau tidak hal-hal tersebut adalah urusan kita pribadi masing-masing.

Bagi saya pribadi, ini merupakan suatu kabar burung yang sepertinya sengaja disebarkan oleh orang-orang nggak jelas dengan kepentingan pribadi. Misalnya untuk pemilu, pilkada atau lainnya, bisa aja kan? Karena dulu juga ada mitos tentang mister gepeng dan kolor ijo. Anehnya semua mitos mistis tersebut menjelang pemilihan umum.

Kebenaran akan hal-hal mistis diatas belum pernah dapat saya buktikan hingga hari ini. namun satu hal yang saya percaya tentang hal gaib, yaitu adanya Tuhan, Pencipta kita. Hanya kepada Tuhan, kita harus takut, bukan kepada mahluk halus seperti hantu atau jin. Semoga kita semua diberikan kekuatan dan keimanan hingga akhir hayat kita, Amiinnn…

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...