Laman

Cara Mengobati Asam Urat

penyebab asam urat,obat asam urat,penyebab asam urat tinggi,mengobati asam urat,bahaya asam urat,pengobatan asam urat,gejala asam urat,penyebab asam urat dan cara mengatasinya
Cara Mengobati Asam UratCara Mengobati Asam Urat. Setiap orang dapat terkena penyakit asam urat. Tetapi umumnya, banyak dialami para pria, sedangkan pada perempuan persentasenya kecil dan baru muncul setelah menopause. Kadar asam urat kaum pria cenderung meningkat sejalan dengan peningkatan usia. Pada wanita, peningkatan itu dimulai sejak masa menopause. Karena itu, kita perlu mewaspadai gejala-gejalanya.

Gejala Asam Urat
  • Kesemutan dan linu
  • Nyeri terutama pada malam hari atau pagi hari saat bangun tidur.
  • Sendi yang terkena asam urat terlihat bengkak, kemerahan, panas dan nyeri luar biasa pada malam dan pagi.
Solusi Mengatasi Asam Urat
  • Melakukan pengobatan hingga kadar asam urat kembali normal. Kadar normalnya adalah 2.4 hingga 6 untuk wanita dan 3.0 hingga 7 untuk pria.
  • Kontrol makanan yang dikonsumsi.
  • Banyak minum air putih. Dengan banyak minum air putih, kita dapat membantu membuang purin yang ada dalam tubuh.
Makanan yang Dihindari (mengandung banyak purin)
  • Lauk pauk seperti jeroan, hati, ginjal, limpa, babat, usus, paru dan otak.
  • Makanan laut seperti udang, kerang, cumi, kepiting.
  • Makanan kaleng seperi kornet dan sarden.
  • Daging, telur, kaldu atau kuah daging yang kental.
  • Kacang-kacangan seperti kacang kedelai (termasuk hasil olahannya seperti tempe, tauco, oncom, susu kedelai), kacang tanah, kacang hijau.
Beberapa Tips untuk mencegah terjadinya Asam urat
  • Sesuaikan asupan energi sesuai dengan kebutuhan tubuh. ( tidak berlebihan menentukan porsi makan dalam sehari )
  • Kadar asam urat biasanya lebih cepat naik pada orang gemuk, sebaiknya menurunkan berat badan dengan olahraga yang cukup.
  • Bekerja jangan terlalu keras yang mengakibatkan kekelahan.
  • Konsumsi buah yang mengandung vitamin C misal jeruk, mangga, pepaya dll.
  • Konsumsi makanan yang banyak mengandung potasium tinggi seperti kentang, pisang dan yogurt
  • Jangan lagi pernah minum aspirin
  • Perbanyak konsumsi karbohidrat kompleks seperti nasi, roti dan ubi (singkong)
  • Perbanyak minum air putih, kebutuhan tubuh sehari adalah 8 gelas air putih.
Berikut tanaman obat yang sangat berkhasiat untuk mengatasi asam urat;
  1. Sambiloto ( Adrographis panniculata ). nama papaitan, ki peurat, bidara, kayu mas, lang, ki pait, sampiroto,atau ki oray. Sambiloto mengandung beberapa senyawa flavanoid, alkane, keton,aldehid dan juga beberapa mineral seperti kalsium, kalium dan natrium. Rasanya pahit, namun tanaman ini dikenal sebagai antiradang, penghilang nyeri atauanalgetik, dan juga penawar racun. Bagian tanaman yang digunakan adalah seluruh bagian tanaman.
  2. Sidaguri ( Sida rhombifolia ).Sidaguri dikenal dengan nama daerah guri, siliguri, kahindu, sadagori, otok-otok atau bitumu. Kandungan kimia yang sudah diketahui adalah alkaloid, kalsium oksalat,tannin, saponin, fenol, asam amino, minyak atsiri, zat phlegmatic untuk ekspektoran, dan lubrikan. Akarnya mengandung alkaloid, steroid dan aphredine.Sidaguri memiliki rasa manis, sedikit panas dan sejuk. Dalam pengobatan,sidaguri digunakan sebagai antiradang, peluruh kencing dan penghilang rasa sakit.Bagian tanaman yang digunakan adalah akarnya.
  3. Daun salam ( Eugenia polyanta ). Daun salam dikenal masyarakat Indonesia sebagai bumbu masak karena memiliki keharumanyang khas yang bisa menambah kelezatan masakan nusantara. Daun salamrasanya kelat dan bersifat astringent. Senyawa-senyawa seperti minyak atsiri,tannin dan flavonoid banyak terdapat dalam daunnya. Untuk pengobatan memang daunnya lah yang paling banyak digunakan, tetapi akar, kulit dan buahnya pun berkhasiat sebagai obat.
  4. Kumis kucing ( Orthosiphon aristatus ).Berkhasiat melarutkan batu ginjal, karenanya banyak digunakan sebagai obat penghancur batu. Kandungan sinsetin-nya bersifat sebagai antibakteri, dan tanaman ini jugamengandung senyawa orthosiphonin kumis kucing glikosida. Sifat diuretik tanaman ini berguna untuk membantu tubuh membuang kelebihan asam urat lewat urin.
  5. Meniran ( Phyllanthus niruri ).Meniran saat ini terkenal sebagai tanaman obat yang dapat meningkatkan daya tahantubuh. Meniran juga dikenal dapat membersihkan hati, sebagai antiradang, peredademam, peluruh kencing, peluruh dahak, peluruh haid, menjernihkan penglihatan,serta menambah nafsu makan. Seperti halnya kumis kucing, sifat diuretiknya-lahyang digunakan untuk mengobati asam urat.
  6. Anting-anting (Acalypha indica ). Herba ini berkhasiat sebagai antiradang, antibiotik, peluruh kencing, pencahar dan penghenti perdarahan. Umumnya orang menggunakan bagian akarnya untuk menangani penyakit asam urat.
Beberapa ramuan herbal yang dapat digunakan untuk mengatasi asam urat antara lain :
  1. Cuci bersih dan rebus sambiloto kering 10 gram, rimpang temulawak kering 10gram, komfrey 5 - 10 gram, dan buah lada 1 gram dengan 5 gelas air hinggatersisa 3 gelas, diminum 3 kali satu gelas setiap hari, 1 jam sebelum makan atau 2 jam setelah makan.
  2. Cuci bersih 10 gram daun kumis kucing kering atau 20 gram basah, 10 gram meniran kering atau 20 gram basah, 10 gram sawi tanah kering atau 20 gram basah, 15 gram jahe merah kering atau 30 gram basah, dan 10 gram kapulaga kering. Memarkan jahe merah dan gabung dengan bahan yang lain, rebus dalamsatu liter air hingga tersisa setengahnya. Minum pagi, siang dan sore hari, masing-masing ¾ gelas (150 ml) atau minum dua kali sehari masing-masing 200 ml.
  3. Rebus 15 - 30 gram herba kering atau 30 – 60 gram herba basah sidaguri dengan 3 gelas air sampai tersisa setengahnya, minum 3 kali sehari masing-masing ½ gelas. Jika menggunakan akar, dosisnya 10 – 15 gram.
  4. Rebus 10 – 15 lembar daun salam segar ataupun kering dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas, minum 2 kali sehari masing-masing ½ gelas.
  5. Ambil 5 -7 potong akar anting-anting (segar ataupun kering), rebus dengan 2gelas air hingga tersisa satu gelas, setelah dingin minum sekaligus. Lakukan 2 -3kali sehari.
  6. Untuk borehan, gunakan daun gandarusa segar 40 gram, daun kemangi segar 30 gram, kencur segar 30 gram, jahe merah segar 30 gram, daun encok segar 30gram, dan beras 40 gram. Rendam beras selama 3 – 4 jam. Cuci semua bahan,tumbuk/lumatkan, lalu campur dengan beras yang telah ditumbuk. Setelah bahantercampur dan lembut, tempatkan dalam wadah dan borehkan ramuan pada bagianyang sakit secukupnya. Lakukan pengobatan dua kali sehari, pagi dan sore.
  7. Sirsak. Dimakan begitu saja atau dijuice, dimakan/minum tiap hari
  8. Labu siam diparut kemudian disaring diambil airnya diminum tiap hari.
  9. Cuka apel yang sudah jadi dan dicampur madu dengan ukuran satu sendok madu ditambah 2 sendok
  10. Minum cuka apel plus air hangat dan diminum selama 1 minggu
  11. Kentang mentah dan apel malang dijuice
ARTIKEL BERIKUTNYA >>>>
  1. Cara Mengobati Keputihan
  2. Cara Merawat vagina dari bakteri
  3. Cara Merawat Vagina
  4. Cara mebersihkan Jamur pada vagina
  5. Cara mempercantik payudara secara alami
  6. Cara mengatasi benjolan di vagina
  7. Cara mengobati bau pada vagina
  8. Cara mengobati kelenjar / Sariawan vagina
  9. Cara mengurangi rasa nyeri haid
  10. Manfaat dari payudara berukuran kecil
obat tradisional asam urat,ramuan herbal untuk asam urat,obat asam urat alami,obat herbal asam urat dan kolesterol,penyebab penyakit asam urat,obat herbal asam urat dan rematik,gambar obat asam urat murah,asam urat,penyebab asam urat,obat asam urat,gejala asam urat,pantangan asam urat,pengobatan asam urat,rematik,kolesterol,hipertensi,makanan

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...