Laman

10 Stadion Sepak Bola Terbaik di Indonesia

Sepak bola, merupakan salah satu olahraga paling favorit di Indonesia, bahkan di dunia. Namun sangat disayangkan Timnas Indonesia kita belum bisa bicara banyak di kancah Internasional. Masalah Internal PSSI bahkan sarana infrastuktur stadion yang kurang baik sempat menjadi kendala.

Namun ternyata Indonesia saat ini sudah lumayan banyak memiliki stadion sepakbola yang memiliki kualitas yang baik. Semoga hal ini bisa membantu untuk mengembangkan sepak bola indonesia menjadi lebih maju. Ingat, saya menilai bukan hanya karena kapasitasnya, melainkan karena fasilitas yang dimilikinya. Berikut ini saya sampaikan 10 Stadion Sepak Bola Terbaik di Indonesia.
1. STADION UTAMA GELORA BUNG KARNO
Stadion Utama Gelora Bung Karno masih tetap sebagai stadion terbaik di Indonesia.Stadion yang awal mulanya berkapasitas 100.000 penonton ini telah direnovasi hingga sekarang memiliki kapasitas 88.083 penonton.Stadion yang dibangun pada 8 Februari 1960 ini dibangun dengan dana kredit lunak dari Uni Soviet sebesar 12,5 juta dollar AS yang kepastiannya diperoleh pada 23 Desember 1958. 
2. STADION UTAMA RIAU
Stadion Utama Riau ini merupakan stadion terbaru yang dimiliki oleh Indonesia. Stadion ini selesai pada tahun 2012 dan akan digunakan untuk Kualifikasi Piala Asia U-22, PON 2012, dan Islamic Solidarity Games 2013. Stadion ini memiliki kapasitas 43.923 Penonton.
3. STADION UTAMA PALARAN
Stadion Utama Palaran adalah sebuah stadion serbaguna di Kota Samarinda, Kalimantan Timur. Stadion yang memiliki kapasitas 60.000 penonton ini pada awalnya dibangun untuk PON XVII ini diresmikan pada 18 Juni 2008. 
4. GELORA BUNG TOMO
Stadion Gelora Bung Tomo, bagian dari Pusat Olahraga Surabaya, adalah sebuah stadion serbaguna yang terletak di kota Surabaya, Jawa timur. Stadion ini dibuka pada 6 Agustus 2010. Stadion ini akan digunakan untuk pertandingan sepak bola dan menjadi markas baru bagi Persebaya Surabaya. Stadion ini dapat menampung 55.000 penonton.
5. STADION GELORA SRIWIJAYA

Stadion Gelora Sriwijaya dulu dikenal sebagai stadion jakabaring, merupakan stadion multifungsi yang terletak di Palembang, Sumatra Selatan. Stadion yang mulai bangun pada tanggal 1 Januari 2001 ini ditujukan untuk menyelenggarakan PON XVI pada tanggal 2 September 2004. Stadion yang diresmikan pada 1 Januari 2004 ini dapat memuat hingga 36.000 - 40.000 orang dengan 4 tribun (A, B, C dan D) bertingkat mengelilingi lapangan.
6. GOR AJI IMBUT
GOR Aji Imbut merupakan sebuah gelanggang olahraga/stadion yang berlokasi di desa Perjiwa, Tenggarong Seberang, Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur. GOR ini awalnya dibangun untuk melengkapi prasarana pada PON XVII Kaltim. Stadion ini memiliki kapasitas 35.000 penonton dan sekarang menjadi markas klub sepak bola Mitra Kukar. 
7. STADION MANAHAN SOLO
Stadion Manahan adalah sebuah stadion sepak bola yang berada di kota Surakarta, Jawa Tengah, Indonesia. Stadion berkapasitas 25.000 penonton ini merupakan markas dari klub Persis Solo.
8. STADION SEGIRI

Stadion Segiri merupakan sebuah stadion yang berlokasi di pusat kota Samarinda, Kalimantan Timur. Merupakan salah stadion yang representatif yang dimiliki Kota Samarinda selain Stadion Utama Palaran dan Stadion Madya Sempaja. Stadion ini juga merupakan stadion kandang bagi kesebelasan Persisam Putra Samarinda.

9. STADION GAJAYANA
Stadion Gajayana adalah sebuah stadion serbaguna yang terletak di Kota Malang, Jawa Timur. Stadion Gajayana ini adalah salah satu Stadion tertua di Indonesia. Stadion ini mulai di bangun pada tahun 1924,dan selesai pada tahun 1926. Kemudian pada awal '90-an Gajayana di renovasi dan Kapasitasnya ditambah menjadi ± 17.000 . Pada tahun 2007 kawasan Stadion Gajayana kembali dipugar dan diganti namanya menjadi MOG atau Malang Olympic Garden, dan baru rampung 2008. Stadion Gajayana yang baru berkapasitas ± 35.000 penonton. Stadion ini merupakan markas dua kesebelasan asal Malang, yakni Persema Malang dan Arema Indonesia. 
10. STADION SI JALAK HARUPAT

Si Jalak Harupat adalah suatu stadion olahraga yang berlokasi di desa Kopo dan Cibodas, Kecamatan Soreang, Kabupaten Bandung. Stadion ini dibangun mulai Januari 2003 pada saat Kabupaten Bandung dipimpin oleh bupati Obar Sobarna. Selanjutnya diresmikan pada hari jadi Kabupaten Bandung ke 364, tanggal 26 April 2007 oleh Agum Gumelar yang menjabat sebagai Ketua Umum KONI Pusat. 

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...