Laman

Istilah Dunia Perkapalan Dan Pelayaran Untuk Pelaut


Þ     MIDSHIP = BAGIAN TENGAH LAMBUNG KAPAL.

Þ     ANCHOR = JANGKAR.

Þ     MAIN ENGINE = MESIN UTAMA KAPAL.

Þ     PROPELLER = BALING-BALING.

Þ     RUDDER = DAUN KEMUDI.

Þ     FORDWARD = BAGIAN DEPAN LAMBUNG KAPAL.

Þ     DOUBLE BOTTOM = KONSTRUKSI KAPAL DASAR BERGANDA.

Þ     BODY PLAN = PENAMPANG VERTIKAL KAPAL (TAMPAK DEPAN).

Þ     DRAFT = SARAT KAPAL. SARAT KAPAL TERBAGI MENJADI DUA, YAITU SARAT MUATAN PENUH DAN SARAT MUATAN KOSONG.

Þ     BASE LINE = GARIS DASAR

Þ     FRAME = GADING. GADING TERBAGI MENJADI DUA, YAITU GADING UTAMA (MAIN FRAME) DAN GADING BESAR ( WEB FRAME ).

Þ     BOLLARD = TEMPAT PENGIKAT TALI TAMBAT KAPAL.

Þ     CHAIN LOCKER = LUBANG YANG TERDAPAT PADA BAK PENYIMPANAN RANTAI JANGKAR YANG BERFUNGSI UNTUK MEMBUANG KOTORAN DAN AIR LAUT YANG MENEMPEL PADA JANGKAR.

Þ     POOP DECK = GELADAK KIMBUL.TERLETAK PADA BAGIAN AFTER. PANJANGNYA ADALAH 20%-22% LPP (LENGHT BETWEN PERPENDICULAR).

Þ     MAIN DECK = GELADAK UTAMA

Þ     BULLWARK = BAGIAN LANTAI KAPAL PADA FORDWARD YANG DIBUAT TINGGINYA 2 M DARI MAIN DECK.

Þ     BULKHEAD = SEKAT. SEKAT TERBAGI ATAS : SEKAT CERUK BURITAN (STERN TUBE BULKHEAD), SEKAT RUANG MESIN (ENGINE ROOM BULKHEAD), SEKAT RUANG MUAT (MIDSHIP BULKHEAD), DAN SEKAT TUBRUKAN / CERUK HALUAN  ( COLLISION BULKHEAD).

Þ     DISPLACEMENT = BERAT AIR YANG DIPINDAHKAN OLEH BADAN KAPAL DIDALAM AIR.

Þ     OIL  TANK = RUANG MUAT BERUPA TANGKI MINYAK ( KHUSUS PADA KAPAL TANKER).

Þ     FORECASTLE = BAGIAN SISI KIRI-KANAN KAPAL YANG BERBENTUK DINDING PELAT YANG FUNGSI AGAR TIDAK TERJADI KECELAKAAN BAGI ANAK BUAH KAPAL SAAT PENAMBATAN TALI KAPAL. TINGGINYA BERKISAR ANTARA 0,9 - 1,4 METER. PANJANGNYA ADALAH 8%-10% LPP (LENGHT BETWEN PERPENDICULAR).

Þ     GRAVITY = TITIK BERAT KAPAL.

Þ     BONJEAN = GAMBAR GARIS LENGKUNG YANG MERUPAKAN BESARAN TIAP-TIAP STATION DARI SARAT NOL SAMPAI GELADAK.

Þ     WATER LINE = GARIS AIR.

Þ     BOAT DECK = GELADAK SEKOCI. GELADAK YANG DIGUNAKAN UNTUK PENEMPATAN SEKOCI ATAU DEWI-DEWI SEBAGAI ALAT KESELAMATAN PELAYARAN.

Þ     BRIDGE DECK = GELADAK JEMBATAN.

Þ     STERN TUBE = TABUNG POROS YANG DIGUNAKAN SEBAGAI MEDIA PELUMASAN POROS PROPELLER DENGAN BEARING, JUGA DAPAT BERFUNGSI SEBAGAI PENYEKAT JIKA TERJADI KEBOCORAN. PADA PERENCANAAN INI, SEBAGAI PELUMAS POROS DIGUNAKAN AIR.

Þ     TONNAGE ( TONASE ) = KEMAMPUAN DAYA ANGKUT KAPAL.

Þ     HYDROSTATIC = GARIS LENGKUNG YANG TERDIRI DARI BEBERAPA MACAM KURVA UNTUK MENGETAHUI KARAKTERISTIK BADAN KAPAL YANG TERBENAM DI DALAM AIR.

Þ     FREEBOARD (DISEBUT JUGA PLIMSOLLMARK ATAU LOAD LINE.) = TINGGI TEPI GELADAK DARI PERMUKAAN AIR YANG DIUKUR PADA MIDSHIP ATAU DISEBUT JUGA MARKA KEAMBANGAN/LAMBUNG TIMBUL ATAU DAYA APUNG CADANGAN KAPAL.

Þ     METACENTRE = TITIK TENGAH KAPAL (METASENTRA).

Þ     BUOYANCY = TITIK TEKAN KE ATAS.

Þ     PORT  SIDE = SISI KIRI LAMBUNG KAPAL.

Þ     STARBOARD = SISI KANAN LAMBUNG KAPAL.

Þ     CARGO HOLD = RUANG MUAT KAPAL ( NON KAPAL TANKER).

Þ     LIFE  JACKET = JACKET KESELAMATAN.

Þ     LIFEBUOY = ALAT KESELAMATAN PELAYARAN YANG BERUPA PELAMPUNG.

Þ     BREADHT = LEBAR KAPAL.

Þ     AFTER = BAGIAN BELAKANG KAPAL.

Þ     STEM = HALUAN.

Þ     STERN = BURITAN.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...