Laman

TIPS MENGHADAPI INTERVIEW DAN RINCIAN BIAYA KE KAPAL PESIAR


masih dari blog kang agus,

24DEC
Di dalam tes ini biasanya menanyakan tentang data diri/perkenalan tentang diri kamu, keluarga, alamat, pendidikan, intinya lebih mengarah ke riwayat hidup kamu dan harus dalam bahasa Inggris. Terkadang juga menanyakan tentang pengetahuan/knowledge bidang pekerjaan yangg kamu pilih. Akan tetapi biasanya hanya sedikit saj. Dan ketika kamu ditanyain “can you speaking english??” jangan sekali-skali menjawab “yes i do, atau just a little” atau ” litle-litle” kamu harus jawab “YES I CAN!” jika kamu jawab litle-litle maka biasanya kamu akan di usir dr ruang interview dalam waktu 5 detik!, & disuruh kursus dahulu. Maka persiapkanlah dirimu. 
Tips penting!
a. pegang map lamaran kamu di tangan kiri dan letakkan di dada.
b. ketuk pintu dengan tangan kanan pada saat masuk ruang interview
c. beri salam sambil tersenyum&lebih bagus jika kamu sapa dengan  namanya. Misal “good morning Mr.     Lorenz.. & jangan duduk jika belum dipersilahkan.
d. ketika dipersilakan duduk, ucapkan terima kasih sumbari menyerahkan map lamaran kamu dengan         tangan kanan, lalu duduk.
e. Jawab semua pertanyaan dengan tenang, tersenyum, jelas & dapat dimengrti.
f.  jika semua interview sudah selsai&kamu dipersilahkan bertanya  balik, maka tanyakanlah
apa yg ingin kamu tanyakan, misal: asuransi, jam kerja, mengetahui  illus atau tidaknya,dan baiknya         jangan buru-buru menanyakan masalah gaji.
g. Ingat selalu tersenyum, karena kamu adalah orang hospitality.
Catatan penting : Kalau kamu dinyatakan lulus interview makan kamu di suruh medical check up biasanya di Rumah sakit yang sudah di rujuk kalau daerah Jakarta Di RS. Puri Medika dan RS. duh lupa lagi satu lagi nanti kalu inget di kasih tahu….hehehe lupa maklum dah tua.
Jika Lulus Medical Check Up
Medical check-up (tes kesehatan), dalam hal ini kesehatan yang paling rawan adalah untuk penyakit menular seperti HIV, TB, dan penyakit menular lainnya. prosesnya antara lain:
1. Tes darah dilakukan 2 x, biasanya sebelum kita medical terlebih  dahulu puasa selama 12 jam. Darah        pertama diambil pada saat kita  masih berpuasa, lalu 2-3 jam kemudian diambil ulang di bagian jari          untuk mngetahui kadar gula tubuh kita.
2. Tes Mata (rabun, katarak, minus)
3. Tes pendengaran/telinga.
4. Tes kotoran & urine
5. Tes tensi & tekanan darah
6. Tes liur/air ludah
7. Threadmeal Tes (jantung), dengan cara jalan-jalan cepat-berlari dengan durasi sekitar 25 menit.
Jika tes medical selesai dan hasilnya OK. atau di nyatakan FITbiasanya hasil medical akan segera di berikan sama kamu biasanyasekitar jam 5 – 6 sore kalau dinyatakan sehat bisa sehari beres tapi kalo misalnya ada salah satu kesehatan kamu gak sehat makan harus konsultasi sama dokter yang di rujuk makanya jangan main2 sama kesehatan dari sekarang hidup sehat makan yang teratur dan sebagainya stelah dapat hasil tesnya kamu segera report besoknya ke agen SBI bisa melalui telephone atau datang langsung. nanti tinggal tunggu schedule untuk training di Ms. Nieuw Jakarta. Jangan salah di Ms.Nieuw jakarta gak langsung bisa ikut training tapi di tes lagi interview sama dosen disana biasanya mengenai pengetahuan yang sesaui kamu lamar.
Namun sesuai pengalaman saya, sambil menunggu jadwal ke Ms.Nieuw Jakarta melengkapi dokumen-dokumen yang di anjurkan oleh agen tapi kalau gak mau repot bisa menguru dokument tersebut di SBI seperti :
1. Passport
2. BST (basic safety training)
3. Seaman Book / buku pelaut
4. S.I.D ( Seafarer Identity Document )
Usahakan semua document-document kamu asli  agar kamu aman. 
RINCIAN BIAYA PENGURUSAN DOCUMENT (PER DESEMBER 2009).
1. Visa…………………………………………….. :RP. 1.300.000
2. Passport ……………………………………….:Rp.    400.000
3.Seaman book(buku pelaut)………………..:Rp.    300.000
4.S.I.D (Seafarer Identity Document)…….:Rp.    328.000
5.Medical Check-Up……………………………:Rp.    600.000
6.BST (Basic Safety Training)………………. :Rp.  1.100.000
7.Training Ms.Nieuw Jakarta ………………:Rp.  5.000.000
Rp.  9.028.0000

Biaya diatas belum termasuk biaya transportasi, kalau nanti training di Ms.Nieuw Jakarta jangan khawatir tempat tidur (Cabin) makan 3 kali coffe break 2 kali tiap hari kamis dapat uang saku Rp.96.000 tiap week end kamu bisa pulang ke rumah dulu kalau yang dekat rumah tapi yang rumahnya di luar kota/Jawa bisa tetep stay di Ms.Nieuw Jakarta.
PENTING : Uang Visa dan Uang Medical Chek-up akan diganti oleh agen SBI jadi kwetansi jangan sampai hilang biar diganti kalau hilang ya gak bisa..soalnya itu tanda bukti.
Jangan kwatir masalah Biaya SBI tidak charge tiket, Uang Training yang Rp.5000.000 itu bisa di angsur 2 X nanti pertama masuk bisa Rp.2,5Jt dan sisanya di bayar ketika kita dah naik kapal tapi nambah Rp.500rb jadi  Rp.5.500rb terserah kamu mu bayar full atau mu bayar sisanya di kapal nanti…kalu bayar full ya tetep Rp.5jt.
Silahkan add Facebook saya Klik aja DISINI nanti kita bahas tuntas dan langsung chat sama saya mumpung belum berangkat rencana saya Januari berlayar lagi…saya akan bantu cara yang lebih jitu dan cepat diterima di Holland America Line.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...