Laman

Marine Radar pada Kapal


Marine Radar adalah radar jarak pendek yang digunakan oleh kapal untuk menentukan posisi kapal dengan kapal lainnya dan juga untuk mengetahui jarak dengan daratan di daerah tersebut. Dengan frekuensi yang dioperasikan radar ini dikenal sebagai x-band atau s-band frekuensi. X singkatan rahasia, karena radar kapal terutama frekuensi yang tersembunyi, digunakan untuk tujuan pelacakan kapal selama Perang Dunia Kedua. S singkatan rentang kecil di tipe kedua.
Perangkat kapal pelacakan (Radar) adalah wajib menurut COLREGS (Collision Regulations/Peraturan Internasional Pencegahan Tubrukan di Laut). COLREGS adalah publikasi yang diterbitkan secara teratur oleh Organisasi Maritim Internasional (IMO) untuk membantu membuat perjalanan laut aman.
Dengan bantuan radar kapal, kecelakaan dapat dicegah di daerah laut. Namun, bahkan ketika kapal-kapal yang berlabuh di pelabuhan, dengan bantuan radar ini, penjaga pantai dan pihak berwenang lain dapat menggunakannya untuk memantau lalu lintas di kisaran radar kecil.
Radar kapal memiliki layar yang menampilkan semua objek yang hadir dalam rentang segera radar. Karena semua benda yang jelas terlihat pada layar, navigasi dan pemantauan posisi kapal menjadi benar-benar layak.
Operasi Radar Marine
Pengoperasian radar laut dapat dijelaskan sebagai berikut:
* Ada sebuah antena di bagian atas radar yang terus berputar dan berkedip
* berkedip sebenarnya adalah frekuensi radio yang dikirim dari radar untuk mengetahui apakah ada objek lain di sekitar kapal
* Frekuensi dan waktu yang diambil oleh gelombang radio yang berkedip untuk kembali (refleksi) kepada pesawat penerima radar di kapal membantu untuk mengetahui apakah rute kapal dapat dilanjutkan dengan aman atau tidak
* Pada tampilan layar, refleksi dapat dilihat sehingga mengidentifikasi jarak sebenarnya dari benda bahkan bisa lebih mudah
Hal yang paling penting tentang radar laut adalah bahwa layar digunakan untuk melihat posisi objek dengan baik adalah layar LED atau layar monokrom. Dengan layar yang sempurna tersebut, kejelasan obyek disorot lebih jauh. Sehingga objek di sekitar dapat diketahui, bahkan di saat cuaca buruk.
Sistem pelacakan kapal telah dikembangkan lebih lanjut untuk mendeteksi objek yang lebih kecil, seperti perahu. Hal ini dapat membantu para pelaut untuk melayarkan kapalnya dengan aman di laut.
Salah satu keunggulan utama dari radar laut adalah bahwa konsumsi daya listriknya kecil. Ini berarti bahwa radar laut tidak hanya user-friendly tetapi juga membantu pemilik kapal untuk mengatur biaya tenaga dan listrik.
Radar telah menjadi instrumen utama untuk membantu navigasi laut sejak enam dasawarsa terakhir. Selama bertahun-tahun, teknologi radar telah dikembangkan untuk mencakup bukan hanya pesawat tetapi juga kapal. Dengan demikian, keselamatan selama pelayaran di laut dapat lebih ditingkatkan. Hal ini dapat diharapkan, bahwa di masa depan perangkat radar tersebut dapat dikembangkan lebih lanjut sehingga jumlah kecelakaan di laut dapat dicegah.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...