Laman

Inilah Trik Jitu Cara Cepat Diterima Kerja Di Kapal Pesiar

sebuah tulisan dari blognya kang agus, seorang pelaut dikapal pesiar, silahkan disimak tulisan tentnag Inilah Trik Jitu Cara Cepat Diterima Kerja Di Kapal Pesiar, semoga membantu buat rekan pelaut yg ingin join di kapal pesiar asing.


Di artikel ini saya akan memberikan trik dan tips  bekerja di salah satu perusahan kapal besar  Holland America Line atau yang terkenal dengan sebutan HAL, bagi yang sedang berburu pekerjaan di kapal pesiar tetap semangat dan yakin bahwa anda bisa dan mampu melalui berbagai macam testing di perusahan tersebut memang sulit dan susah sekali masuk ke perusahaan itu, tapi kalau kita tahu dan paham akan trik dan tipsnya terasa mudah, anda tidak usah mengeluarkan uang banyak seperti agen kapal lain, dulu biar semangat key di HAL anda tidak dipungut biaya tapi anda hanya membayar uang pendidikan aja kurang lebih satu setengah bulan tapi ada juga satu bulan pendidikan langsung berangkat karena sekarang ini banyak membutuhkan crew khususnya di Hotel Dept yaitu housekeeping, biaya visa dan medical ceck up nanti juga diganti oleh agen tersebut asalkan bukti pembayarannya tidak hilang, hati-hati memilih agen kapal pesiar tidak sedikit banyak penipuan puluhuan juta dikeluarkan tapi tidak berangkat agennnya kabur dan alas an lainnya nanti saya akan berikan alamat dan situs agen HAL yang resmi, jangan mau kalau ada agen minta uang duluan ok..dulu di kapal ini karirnya susah harus bertahap tapi sekarang cepat karena ada program baru yaitu re-engenering dulu dari GPA ke Cabin steward harus melalui 3 tahap sekarang bisa 1 tahap langsung di promosi jadi cabin steward dengan syarat rajin bekerja dan memperlihatkan bahwa anda bisa bekerja dan yang paling penting on the section tidak pernah pagulung ini bahasa popular di HAL yaitu suka mencuri waktu kalau sudah ketauan pagulung jangan harap bisa di promosi dengan cepat karena anda akan diberikan PIN atau warning, nah sekarang  sudah siapkah anda untuk bekerja di luar negeri?
Saya akan memberikan gambaran di bagian Housekeeping karena pengalaman saya di housekeeping dan sekarang mumpung lagi cuti saya buat artikel ini karena ingin membantu teman-teman yang ingin bekerja di kapal pesiar, jadi kalau teman-teman ingin curhat atau mau bertanya apa aja tentang di kapal pesiar saya akan berusaha menjawabnya mumpung saya masih cuti nanti kalau sudah berangkat lagi kemungkinan besar saya jarang online, mungkin kalau ada yang mau bertanya di luar housekeeping silahkan tapi saya akan jawab semampu saya.
Trik dan tips sekarang persiapkan bahasa inggris baik itu grammer maupun conversation, pelajari telling picture yaitu nanti anda akan diperlihatkan gambar alat-alat housekeeping nanti anda disuruh menyebutkan dan fungsinya dengan bahasa inggris, kalau yang paham dan pintar bahasa inggris pasti mudah melalui ini tapi yang bahasa inggrisnya pas-pasan seperti saya mendingan belajar di rumah atau practice with your friend or family atau yang lebih baik kursus soalnya salah satu sayarat ke HAL yaitu mempunyai sertificate bahasa inggris dan pengalaman hotel min 1 tahun di bintang 4 atau bintang lima dari sekarang private dulu dech dan yang paling penting berdo’a ya. Sebelumnya anda disuruh introduce your self sampai pengalaman bekerja, gampang kok asal kita ada kemauan disitu ada jalan ok..kemudian anda jangan kecil hati kalau gagal karena nanti akan di panggil lagi setelah 3 bulan, diberikan kesempatan sampai 3 kali kesempatan tes, tapi ingat ya yang harus diperhatikan yang lebih penting kesehatan percuma kalau tesnya lulus tapi ketika di medical check up tidak lulus ini di alami oleh teman saya yang sampai sekarng belum berangkat, usahakan alcohol berhenti dan merokok dari sekarang ok..ada triknya kalau nanti anda giliran tes medical ceck up 12 jam sebelumnya minum air dewegan (kelapa muda)dikupas dulu tapi batoknya jangan sampai bocor kemudian di rebus kurang lebih 1 jam dan diminum jangan lupa Bismillah dulu….sebenarnya banyak yang ingin saya terangin tapi berhubung sudah ngantuk abis shaur jadi ini mungkin yang saya gambarkan kepada teman-teman yang sekarang ingin bekerja di kapal pesiar, disana memang berat bekerja tapi disela-sela kesibukan kita bias jalan-jalan keliling amerika dan eropa bahwakan keliling dunia, pokoknya betah aja karena bias tahu negera lain, Shutle bus untuk crew sudah siapkan mau jalan-jalan kemana ayo…??asal ingat jangan harus tahu jam sailing kapal jangan sampai ketinggalan kalu ketinggalan didenda dan di pulangkan ..wasalam dech nangis Bombay..kok jadi curhat begini ya, nah teman-teman ini ada trik dan tip meghadapi Interview.
Interview adalah proses seleksi yang harus dilalui kebanyakan orang ketika melamar sebuah pekerjaan.Mungkin terasa agak susah.Setiap orang pasti akan merasa gugup jika akan mengahadapi interview, apalagi bila interview tersebut dengan principal dari luar indonesia. Normalnya perasaan gugup itu akan menghambat kita dalam proses interview tersebut jika kita tidak bisa menguranginya. Jika persiapan itu matang,fungsinya kita bisa mengontrol diri sendiri dan mempermudah kita untuk bisa menjawab semua pertanyaan dengan baik dan benar. Hal-hal yang perlu kita perhatikan adalah
1. Lakukan langkah persiapan dan tumbuhkan percaya diri.Usahakan untuk tidur tidur yang cukup agar nantinya kita terlihat fresh dan tidak loyo,karena terkadang terlalu banyaknya peserta interview memakan waktu yang cukup lama.
2. Buat sedikit catatan mengenai interview, dari mulai waktu, tempat, pakaian dsb.
3. Datanglah tepat waktu, usahakan tiba tidak kurang atau lebih dari 30 menit sebelum waktu wawancara, jangan sampai terlambat. Itu akan mencerminkan kedisiplinan dan kita lebih relax untuk persiapan interview!
4. Persiapkan segala sesuatunya sebelum berangkat, jangan sampai ada yang tertinggal
5. Sesuai dengan posisi yang anda lamar cobalah menulis dan melatih kemungkinan pertanyaan-pertanyaan yang mungkin muncul di saat interview,hal ini akan menambah kepercayaan diri kita untuk menjawab semua pertanyaan dengan baik dan benar.
6. Buat kesan yang baik pada saat interview.Berikan salam ketika memasuki ruang interview dan menjabat tangan sebelum dan sesudah interview untuk memberikan kesan yang ramah.
7. Jangan terlalu banyak berbicara, salah-salah justru anda yang jadi pewawancara.
8. Bersemangat dan berpikiran positif, tapi jangan terlalu over.
9. Usahakan komunikasi pada saat interview menjadi dua arah, jangan terlalu pasif kaya patung.
10. Jawablah pertanyaan dengan jelas.
11. Bawalah cadangan pas foto dan CV anda, kalau perlu uang cadangan lebih buat jaga-jaga ada sesuatu yang mendadak.
12. Tataplah mata pewawancara, dengan tatapan penuh semangat seolah-olah anda siap untuk bergabung bekerja.
13. Buatlah diri anda merasa nyaman selama interview.
14. Berikan jawaban yang jelas dan spesifik dan tidak terlalu berlebihan.
15. Anggap bahwa interview ini adalah pertemuan kencan anda, ini akan jauh lebih baik kan dari pada menjadi cemas dan tegang?
16. Cobalah bertanya jika ada yang tidak jelas pada saat interview
17. Jelaskan alasan anda berhenti atau pidah secara positif, jangan memberikan jawaban yang terlalu detail meskipun diminta.
18. Banyak-banyak berdo’a
itulah sedikit tips dalam mengahdapi interview,mudah-mudahan dapat sedikit membantu untuk menghilangkan rasa keraguan dan menimbulkan rasa percaya diri.
Dibawah ini salah satu syarat-syaratnya, bagi anda yang membutuhkan lowongan baik into Deck Engine maupun Hotel Dept, waitress,Assitant Steward Liddo,florist dan bamyak lagi lebih baik kunjungi situs resmi.
Please complete all of copies documents required as follows:
  1. Application letter should be written in English.
  2. Curriculum Vitae.
  3. Latest certificate endorsed by the school.
  4. Certificate of Job Training or Job Experience and English Course.
  5. Birth certificate.
  6. Family card (kartu keluarga) and ID card (KTP).
  7. Letter of good behavior from the police department (SKCK).
  8. Letter of permission to work with Holland America Line from parents/husband/wife affixed with Rp 6000 stamp duty.
  9. Recent color photograph 4 (four) pieces size 4 x 6 cm. ingat ini backrond photonya biru oke.
Disini ada salah satu contoh pada saat saya melamar ke SBI tapi sebaiknya jangan di tiru lebih baik bikin kreasi baru oke tapi kalau anda butuh contohnya silahkan download lengkap dengan Curuculum vitae
Silahkan download Disini
Silahkan komentar,saran dan pertanyaan mengenai artikel ini saya terbuka akan share dan berbagi pengalaman. Mohon maaf apabila ada kata-kata yang tidak berkenan soalnya abis shaur bikin artikel jadi mungkin banyak kesalahan baik dalam pengetikan atau penyampaiannya..
Informasi lebih lanjut silahkan hubungi PT. Sumber Bakat Insani Telp. 021 5227717. Website www.sbimanning.co.id

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...